link : Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropa
Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropa
17 Oktober 2020
KRI Cakra 401 (photo : Hiu Kencana)ZONAJAKARTA.COM - Indonesia memiliki skadron kapal selam yang bernama Satuan Kapal Selam (Satkasel) Korps Hiu Kencana TNI AL.
Dibentuk sejak 12 September 1959, Korps Hiu Kencana sudah melakukan berbagai operasi militer di dalam maupun luar negeri.
Terhitung mulai operasi Trikora, Dwikora, Konflik Timor Timur, Konflik Ambalat dan operasi lainnya yang tak dipublikasikan sudah dijalankan oleh Korps Hiu Kencana.
Salah satu operasi yang paling mendebarkan ketika kapal selam Indonesia berada di perairan Eropa.
Dikutip zonajakarta.com dari buku 50 Tahun Pengabdian Hiu Kencana, Saat itu tahun 1987, KRI Cakra 401 selesai melakukan Overhaul di Jerman.
Lantas dari pihak TNI AL mengirimkan awak kapal untuk membawa pulang KRI Cakra ke tanah air.
Sintingnya kapal selam tidak akan ditandu kapal permukaan ketika hendak dibawa ke Indonesia.
Namun para awak itu akan mengoperasikan KRI Cakra kembali ke Tanah Air dengan melakukan perjalanan jauh dari Eropa ke Indonesia.
Atlantique 2 pesawat pemburu kapal selam milik Prancis yang sepintas sangat mirip dengan P3C Orion (photo : Dassault)Itung-itung untuk menambah pengalaman awak kapal mengenal perairan Eropa.
Dengan semangat mengebu-gebu, para awak melayarkan KRI Cakra 401 berangkat dari Jerman pada tanggal 16 Juni 1987.
Dalam perjalanan pulang ke Indonesia ternyata KRI Cakra harus mendapat berbagai masalah.
Saat melewati pulau Sicilia, Italia kemudi horizontal KRI Cakra malah tersangkut jaring nelayan setempat walau akhirnya bisa diatasi oleh prajurit-prajurit TNI AL.
Perjalanan kembali dilanjutkan dan ketika KRI Cakra melewati Terusan Suez memasuki Laut Merah, di cakrawala terlihat pesawat intai maritim P3 Orion AL Prancis.
Rupanya P3 Orion AL Prancis itu sudah membuntuti KRI Cakra sejak dari perairan Djibouti.
Sialnya pesawat intai itu ternyata memata-matai KRI Cakra dan mengambi segala seluk beluk kapal selam Indonesia itu.
Sonobuoy yang dilontarkan dari pesawat terbang (photo : Military)Komandan kapal lantas memerintahkan KRI Cakra menyelam cepat (Dive Crash) sedalam 75 meter di bawah permukaan laut untuk menghindari pantauan P3 Orion.
P3 Orion yang melihat sasarannya menyelam kemudian melemparkan sonar sonobuoy pelacak kapal selam ke laut untuk mengetahui posisi KRI Cakra.
Geram dengan ulah tak bersahabat AL Prancis, komandan KRI Cakra memerintahkan untuk timbul lagi di permukaan untuk menampakkan diri ke P3 Orion.
Usai muncul ke permukaan komandan KRI Cakra menyuruh anak buahnya berenang ke arah sonobuoy P3 Orion dan mengambilnya.
Usai dimatikan transpondernya, sonobuoy di bawa masuk ke KRI Cakra dan kapal kembali menyelam.
Melihat kelakuan berani KRI Cakra, awak P3 Orion Prancis kelabakan, mereka bingung karena sonobuoy malah di bawa kabur KRI Cakra sehingga AL Prancis tak bisa melacak lagi keberadaan kapal selam Indonesia tersebut.
KRI Cakra lantas pulang ke Indonesia sesudah insiden itu dan membawa 'Oleh-Oleh' kepada Mabes TNI AL berupa sonobuoy dari AL Prancis.
thus Article Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropa
You now read the article Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropawith the link address https://uswordarmy.blogspot.com/2020/10/tangguh-kisah-kapal-selam-indonesia.html
0 Response to "Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropa"
Post a Comment