Loading...

Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca

Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca - Hallo friend US WORD ARMY, In the article you read this time with the title Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca, we have prepared well for this article you read and download the information therein. hopefully fill posts Items AIR FORCE, Items ARMY, Items INTELLIGENCE, Items NAVY, Items SPECIAL FORCES, we write this you can understand. Well, happy reading.

Loading...
Title : Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca
link : Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca

see also


Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca

Loading...
05 Desember 2019

Teknologi Modifikasi Cuaca untuk mengalihkan hujan dari Jabodetabek (all photos : BPPT)

Hujan yang terus mengguyur wilayah Jabodetabek membuat Jakarta dan kota di sekitarnya dilanda banjir. Untuk mengantisipasi banjir besar, BPPT akan melakukan modifikasi cuaca.

Cegah banjir Jakarta dan sekitarnya berulang, pemerintah akan melakukan rekayasa cuaca. Caranya, dengan menebar garam ke awan-awan pada Jumat (3/1/2020).

Sebanyak 6-8 ton NaCl diangkut empat penerbangan per hari yang digunakan dalam pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.


Aplikasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), selanjutnya mulai dimanfaatkan dengan tujuan mampu mengurangi intensitas curah hujan di wilayah Jakarta.

"Pemanfaatan teknologi modifikasi cuaca untuk meminimalkan dampak bencana banjir di Jabodetabek dengan upayakan redistribusi curah hujan dengan mengurangi instensitas hujan yang turun"

Hari Sabtu (4/1), tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang terdiri dari BPPT RI, TNI AU, BNPB Indonesia, BMKG melakukan penyemaian awan di wilayah barat dan utara Jabodetabek untuk mereduksi curah hujan yang tinggi.


Pada operasi hari Sabtu tim TMC membawa 6.400 kilogram bahan semai. Kami berharap dengan adanya kolaborasi dari lembaga lembaga pemerintah, banjir di Jabodetabek bisa diatasi.

Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca, hari Sabtu (04/01) memasuki hari kedua pelaksanaan. Hingga kini pun telah dilakukan sebanyak 8 kali sorti penerbangan, utk menyemai awan berpotensi hujan, di luar wilayah Jabodetabek.

Dikatakan Kepala BPPT RI Hammam Riza, Operasi TMC ini pun berfokus pada awan-awan yang diperkirakan masuk DKI, agar dapat disemai sebelum masuk ke wilayah DKI dan sekitarnya.


Operasi TMC dilakukan dengan menggunakan dua pesawat, CN 295 A-2901,dan CASA 212 A-2105, yg diterbangkan pukul 12 siang.

CN 295 membawa bahan semai 2.400 Kg, menuju Barat- Barat Daya Jabodetabek. Untuk CASA 212 membawa 800 Kg bahan semai, menuju Selatan Jabodetabek.

Hasilnya alhamdulillah, hujan terjadi di area penyemaian, seperti di atas Selat Sunda, dan Kepulauan Seribu.

(BPPT)


thus Article Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca

that is all articles Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca This time, hopefully can provide benefits to all of you. Okay, see you in another article posting.

You now read the article Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuacawith the link address https://uswordarmy.blogspot.com/2020/01/dua-pesawat-tni-au-digunakan-untuk.html
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Pesawat TNI AU Digunakan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca"

Post a Comment