Loading...

Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M

Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M - Hallo friend US WORD ARMY, In the article you read this time with the title Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M, we have prepared well for this article you read and download the information therein. hopefully fill posts Items AIR FORCE, Items ARMY, Items INTELLIGENCE, Items NAVY, Items SPECIAL FORCES, we write this you can understand. Well, happy reading.

Loading...
Title : Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M
link : Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M

see also


Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M

Loading...
22 Januari 2020


KRI Alugoro 405 (photo : PAL)

Kapal Selam Pertama Produksi Indonesia Tes Kemampuan di Banyuwangi

BANYUWANGI - Indonesia kini sudah mampu memproduksi kapal selam untuk kepentingan alutsista dalam negeri. Melalui kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), lahir kapal selam pertama produksi dalam negeri bernama kapal selam Alugoro.

Menariknya, uji kemampuan kapal selam Alugoro dilakukan di Banyuwangi selama 6 bulan ke depan. "Kita akan melakukan uji coba di Banyuwangi sampai Bulan Juni 2020," kata General Manager Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro, Selasa (21/01/2020).

Dipilihanya Banyuwangi sebagai tempat uji coba kapal selam Alugoro bukan tanpa alasan. Salah satunya ialah kedalaman perairan di selat Bali sangat cocok untuk uji coba armada kapal selam ini.

"Kita melakukan pengetesan membutuhkan pertimbangan tertentu. Salah satunya ialah kedalaman laut 250 meter, ini bagian yang sangat krusial selama pengujian. Dan uji coba pertama berhasil dengan baik," imbuhnya.

Selain itu, kata Satrio, Banyuwangi juga memiliki pelabuhan Tanjungwangi yang representatif. Selain dekat dengan kota, fasilitas yang tersedia juga sangat baik.

"Dermaga sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi. Sarana prasarananya cukup mendukung, kesiapan sumber listrik mendukung. Lokasi kita tidak jauh dari hotel dan rumah makan. Sehingga personil PT PAL maupun yang dari Korea merasa nyaman di Banyuwangi," imbuhnya.

Direktur pembangunan Kapal PT PAL Turitan Indaryo mengatakan, keberhasilan pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. "Niat kami tidak hanya membeli, tapi juga bisa membangun. Tentu ini akan menjadi kemandirian dalam industri pertahanan Nasional," ungkapnya.

Menurut Turitan, kapal selam Alugoro memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kapal selam produksi luar negeri. "Ini akan menjadi pilot project untuk pembuatan kapal selam selanjutnya, mengingat tipe jenis ini sangat cocok dengan perairan Indonesia. Manuvernya bagus. Kita butuh lebih banyak sesuai dengan kebutuhan AL dan kementerian pertahanan," katanya. 

Tes pada kedalaman 300 m

Kapal selam Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter dengan kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. Sejauh ini, uji coba Kapal Selam Alugoro untuk tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali berjalan dengan baik. 

"Kapal Selam Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter di bawah permukaan laut," kata Turitan

NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Tahapan NDD ini sangat penting karena setelah tahapan NDD berhasil dilaksanakan dapat disimpulkan 90% proses pembangunan kapal selam telah berhasil. "Setelah ini kita akan lakukan uji coba pada kedalaman maksimum 300 meter," ungkapnya. 

Setelah menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT), dan SAT, Kapal Selam Alugoro direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020.

Keberhasilan PT PAL memproduksi kapal selam pertama di Indonesia mendapat apresiasi dari Pemkab Banyuwangi. "Ini menunjukkan bahwa anak bangsa bisa berkarya jika diberi kesempatan. Termasuk dalam industri kapal selam untuk kebutuhan militer," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi Guntur Priambodo.

Pemkab Banyuwangi juga tidak akan membuang peluang promosi wisata selama uji coba Kapal Selam Alugoro di Bumi Blambangan. "Selain PT PAL, Ini kan ada yang datang dari Korea. Tentu ini bisa kita jadikan ajang promosi wisata Banyuwangi. Akan kita ajak ke Ijen dan sejumlah destinasi unggulan di Banyuwangi," tutupnya.

(Suara Indonesia)


thus Article Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M

that is all articles Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M This time, hopefully can provide benefits to all of you. Okay, see you in another article posting.

You now read the article Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 Mwith the link address https://uswordarmy.blogspot.com/2020/01/alugoro-sukses-uji-menyelam-hingga-250-m.html
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alugoro Sukses Uji Menyelam Hingga 250 M"

Post a Comment